Translate

Rabu, 22 September 2021

Tuan di Ufuk Cakrawala

Bukan pertanda suka, hanya mencoba berteman selagi bisa. -Ny. Ack

Sanskerta adalah bahasa yang unik sehingga membuatku tertarik mencicipinya. Pertama memang kurang paham dengan maknanya. Namun, lama-lama lidah ini tak bisa berhenti mengucapkan sajak-sajak dari bahasa kasusastraan Hindu kuno itu.



Teruntuk Tuan yang aksa,
"Dinda yang hanya amatir dalam mencinta, ternyata telah jatuh hati pada sorot mata Tuan yang istimewa. Arsa tak terkira berhasil menutup yatana Dinda. Tuan adalah waradana amerta yang ingin ku dekap selamanya. Semesta, tolong sampaikan rinduku kepada Tuan yang aksa."
~Jingga di jumantara~

Makna kata Sanskerta
-Aksa: jauh
-Arsa: kegembiraan
-Yatana: kesengsaraan
-Waradana: hadiah yang bernilai
-Amerta: abadi

🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻
Ketahuilah, aku ini masih miskin diksi. Masih butuh lebih banyak referensi dan ilmu dari saudara-saudari. Kecacatan dalam tulisan sangat sering aku lakukan. Maka, saran dan kritikan kalian akan sangat aku pertimbangkan.
🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻

6 komentar:

Majas Alegori - Trigonometri

Hubungan kita seperti trigonometri. Aku dan Kamu bagai sin 90°, satu tak terpisahkan. Aku tanpamu bagai cos 90°, kosong tanpa harapan. Cinta...